SUTEJO, BAMBANG (2022) EVALUASI PENGGUNAAN PLATFORM JUAL-BELI ONLINE PADA PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BIDANG KONVEKSI DISAAT PANDEMIC COVID-19 DI PERKAMPUNGAN INDUSTRI KECIL (PIK) PULOGADUNG. Tesis thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA JAKARTA.
Text (Cover Tesis, Pernyataan Keaslian Tesis, Persetujuan Pembimbing, Halaman Pengesahan, Kata Pengantar, Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Tesis Untuk Kepentingan Akademis, Abstrak, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Grafik, Daftar Lampira)
Pendahuluan-Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (462kB) |
|
Text (BAB 1)
Tesis BAB 1-Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (216kB) |
|
Text (BAB 2)
Tesis BAB 2-Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (552kB) |
|
Text (BAB 3)
Tesis BAB 3-Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (326kB) |
|
Text (BAB 4)
Tesis BAB 4-Repository.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (753kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Tesis BAB 5-Repository.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
Tesis BAB 6-Repository.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka-Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (317kB) |
|
Text
Lampiran-Repository.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan platform jual-beli online terhadap biaya pemasaran, peningkatan pendapatan, peningkatan laba dan pengembangan wilayah pemasaran bagi UMKM yang menggunakannya. Strategi dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan penyebaran kuesioner kepada para responden yang merupakan sampel dari populasi penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku UMKM konveksi yang berada di kawasan PIK Pulogadung Jakarta Timur yang berjumlah 50 orang. Metoda sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda sample jenuh. Sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh anggota populasi yang berjumlah 50 orang dimana seluruhnya telah memenuhi ktiteria. Data primer yang diperoleh diolah dengan menggunakan SPSS versi 24. Analisis data yang digunakan analisis statistic deskriptif, uji validitas dan reliabilitas kuesioner serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan platform jual-beli online dalam usaha UMKM bidang konveksi dapat menurunkan biaya pemasaran, dapat meningkatkan pendapatan, dapat meningkatkan laba dan dapat meningkatkan pengembangan wilayah pemasaran. Kata Kunci : Platform Jual-Beli Online , Biaya Pemasaran, Pendapatan, Laba, Wilayah Pemasaran. ABSTRACT This study aims to evaluate the use of online buying and selling platforms for marketing costs, increasing income, increasing profits and developing marketing areas for MSMEs that use them. The strategy in this research is descriptive quantitative, data collected through interviews and questionnaires distributed to the respondents who are samples of the population of this study. The population in this study were convection MSME actors in the PIK Pulogadung area, East Jakarta, amounting to 50 people. The sample method used in this study is the saturated sample method. The sample in this study was taken from all members of the population, amounting to 50 people, all of which have met the criteria. The primary data obtained were processed using SPSS version 24. Data analysis used descriptive statistical analysis, validity and reliability tests of questionnaires and hypothesis testing. The results of this study indicate that: the use of online buying and selling platforms in the MSME business in the convection sector can reduce marketing costs, can increase revenue, can increase profits and can increase the development of marketing areas. Keywords : Online Trading Platform, Marketing Cost, Revenue, Profit, Marketing Area.
Item Type: | Thesis (Tesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran | ||||||||||||
Divisions: | S2 Manajemen | ||||||||||||
Depositing User: | BAMBANG SUTEJO | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2022 02:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2022 02:53 | ||||||||||||
URI: | http://repository.stei.ac.id/id/eprint/8628 |
Actions (login required)
View Item |